Sunday, March 11, 2007

ARRGHHH.....

heiho..

Malam semua.

Guys, pernah gak sih kalian bertengkar dengan orang tua kalian? khususnya Bokap? kalo pernah berarti kita senasib kawan. Karna malam ini gue lagi aga sedikit kesel ama bokap, makanya gue mengungsi ke warnet terdekat.

Emang sih, awal permasalahan itu dari gue sendiri yang aga males kalo disuruh, apalagi kalo lagi badan cape. Tapi sebenarnya itu bukan alasan, karna namanya anak tuh kudu nurut kalo disuruh ama orang tua, iya ga?

Yah, sekarang sih gue aga tenang. Terimakasih banget ama Tuhan, karena ini adalah karuniaNya. Tapi gue heran, kenapa anak cowo itu paling sering banget bermasalah ama Bokap, padahal nantinya kita juga akan menjadi orang tua. Mungkin gak sih apa yang kita alamin sekarang itu akan kita alamin juga nantinya? kalo berpegang pada prinsip alkitab tentang tabur tuai, maka kemungkinan terjadi besar banget.

Kalo gitu, gue cuman minta kekuatan dan kesabaran ama Tuhan ketika hari itu terjadi, dan diberikan hati yang bijaksana dalam berbicara dan mengambil tindakan dalam kondisi kaya gitu. Ok, gue ngerti sekarang dan gue akan menerima ini sebagai pengalaman hidup. Btw, aneh banget sih gue, kok punya masalah niatnya mau minta jalan keluar lah ini malah menyelesaikan masalah itu sendiri. aneh pisan....

Eh, tadi tuh pas gue gereja, gue gak pergi sendiri, tapi bareng ama kaka gue yang nomor 2. Seneng banget bisa gereja ama salah satu anggota keluarga, karena biasanya sendiri ato ama anak2 HUGe. Semoga aja ini bukan yang pertama dan yang terakhir. Kenapa gue bisa bilang gitu, karena keluarga gue itu masih susah banget nerima perubahan. Yah semoga aja...

Bentar lagi Sahid mau paskah, kira2 sapa yah yang jadi ketuanya? hmm...menurut gue kemungkinan besar itu pasti para pengurus yang belom pernah jadi ketua panitia apapun. Siapapun dia semoga aja itu yang terbaik yang Tuhan pilih, karna gue yakin kalo Dia yang pilih pasti the best banget. siip deh...

Nah, melihat dari masalah yang gue alamin saat ini, kayanya gue gak bisa pertahanin sifat males gue ini, karna dampaknya gak bagus baik buat gue sendiri maupun buat lingkungan gue sendiri, misalkan keluarga gue sendiri. Buat anda sekalian yang mungkin lagi mengalami seperti yang gue alamin saat ini, semoga kalian bisa menemukan jalan keluar yang terbaik, karna beda orang, beda masalah dan beda jalan keluarnya, tapi tetep jalan keluar yang utama itu ada pada Tuhan.

Ok, selamat malem dan met istirahat
semoga pada mimpi indah dan jangan pada ngiler yah... malu udah gede!
hahahahaha :)

Peace,,,

4 comments:

Anonymous said...

Haaaiiii Abangku..
hhhmmm..sebelumnya gw mo minta maap dulu yeeee..bt semua yang gw lakuin akhir2 ni..agak ngeBTin sihhh, tapi ga pa2 lah...hitung2 buat uji pertemanan kit kale lahhh..yahhh itulah gw, dengan segala keterbatasan sbg sorang manusia..N mudah2an ga akan terjadi lagi ya (PEACE)...Ntu ketegangan berakhir berkat sarannya RE2 (she say "kita ga bisa bikin apa2, kita cuman bisa jujur..ngertiin..n doain, apalagi khan ka dana udah kita anggap kaya sodara")..uhhh so sweet, terharu booo..dia emang bener2 Lilsist gw..
lagian juga khan udah tinggal beberapa bulan lagi kita bersama (3 bulan tau),abis ntu gw mo ke AMQ, masa mo marahan terus (ahhh ko pengen nangis...sedih nih...)
yah mumpung tinggal 3 bulan...gw pengen bikin yang terbaik untuk kalian semua terutama kalian saudaraKU (ko jadi berkaca matanya)......................
terlepas dari semua ntu..myCOMmENT from U'r Tulisan tentang kenapa anak cowok ga pernah akur sama bokapNA....
menurut gw lo keliru alias salah banget...kalo gw perhatiin, ntu cuman karena faktor kedekatan aja kalee yahhh...karena lo ga deket sama bokap jadinya kaya gitu sering ga sepaham n jadinya suka marah2an akhirnya lo sakit hati sendiri...coba kalo deket n ngomong dari hati ke hati pasti sebelnya ga sampe kaya gini...contohnya gw...deket banget ma bokap n sering ngomong dari hati ke hati n ngomongin apaan aja...jadinya ga pernah salah paham ...lagian bokapGw mau banget ngedengerin masukan dari Anaknya...contohnya baru2 ni gw seneng banget karena gw udah bisa ngerubah ssuatu dari bokap gw, yang buruk banget menurut gw yaitu pecandu rokok, n sebaliknya dia boleh negor gw n gw kudu ngikutin yang menurut kita harus diiutin...jadi menurut gw, sering2lah lo ngomong sama bokap lo ntah omongin apaan ke...
Ok mungkin segitu ja ya tulisan gw...
Selamat mencoba...
GBU

...LitBRoth (AM)...

Anonymous said...

Gw juga mungkin termasuk salah satu tipe anak laki-laki yang lo sebutin tadi. Cuman bedanya hal-hal yang bikin gw sering bersitegang urat sama bokap gw itu lebih complicated. Sebenernya gw sadar, sebagai anak gw sering banget kurang ajar sama bokap n nyokap gw. Gw juga sering bgt ribut sama nyokap, meski frekuensinya ga sesering gw ribut sama bokap. Gw sih berkesimpulan, gw sama bokap itu berasal dari DNA yang sama. Sifat otoriter, keras hati, kurang perasa, congkak dan sebagainya, itu rata-rata gw warisi dari dia. Simpelnya, gw sama bokap itu sama tipenya. Sama-sama magnet kutub utara, ya jadi nggak bisa nyambung. Kalo gw utara, bokap selatan atau sebaliknya, ya pasti nyambung. Sifat dan watak yang mirip, tapi pola pikir kita sama-sama beda. Apalagi ditunjang kita hidup di era yang beda. Bokap jelas kelahiran 40-an, gw kelahiran 80-an.Ada gap 4 dasawarsa. Setiap hal bisa aja bikin kita ribut. Sebenernya sih, banyakan gw yang ngalah (ini kata nyokap gw juga lho..) tapi ada kalanya gw sangat keras nentang kebijakan bokap. Ada satu pattern orangtua yang gw paling anti. Mereka seakan paling tahu apa yang paling baik untuk anak2nya. Gw tau, ortu emang kepanjangan tangan Tuhan di dunia. Mereka bertanggungjawab sama Tuhan untuk bisa ngebesarin dan ngedidik kita. Tapi bwt gw, hal itu ga lantas menjadikan ortu kayak tokoh silat di cerita wiro sableng, yaitu "kakek segala tahu". Gw contohnya, semasa hidup gw, ada beberapa kesempatan emas yang gagal gw raih, hanya karena bokap gw nggak ngizinin. Emang sih, ada juga yang bilang sama gw, kalo rencanyaNya ga pernah buruk, selalu indah. But kita juga nggak pernah tahu kan, apa endingnya kalo kesempatan2 itu jadi gw ikuti. Satu lagi yang gw sebel, ketika kita keras menentang kebijakan ortu, dan akhirnya mereka bilang "terserah kamu lah..." Nah, yang model begini nih, gw paling ga demen. Rata2 ortu kalo bilang terserah itu, bener2 lepas tangan. Awalnya sih mereka ngakunya cuman ngasih saran, lama2 saran itu dipaksain ke kita. Kalo kita ga terima, mereka bilang terserah. Terus kalo kemudian kita mengalami resiko yang berat akibat pilihan itu, mereka akan ungkit kembali seraya bilang.."Itulah, kan sudah bapak bilang jangan ambil keputusan itu. Sekarang, kau selesaikan lah sendiri..." Bukannya ortu itu yang gw tau, harusnya supportif sama anaknya. Kalo usia gw itu masih anak2, dan bokap mau otoriter ya wajar. Anak2 mana bisa dididik demokratis. Tapi gw nih udah setua ini bo'. Sejak anak mereka menginjak sekolah menengah, para ortu itu harusnya sadar bahwa anak-anak itu sudah ga bisa lagi dididik otoriter. Jadinya bisa diliat sendiri, gw jd pribadi yang keras hati, pemberontak dan selalu bertindak sesuai dengan yang gw pikirkan. Mungkin ga, sifat ini yang diinginkan Tuhan untuk dibentuk sama bokap gw??? Gw rasa sih ga. Itu sebabnya gw rada sensi kalo udah denger khotbah tentang harusnya anak mengerti soal ortu. Khotbah dari siapa pun, dimana pun. Karena mereka ga mengalami apa yang gw alami. Boleh aja ada yang bilang kalo banyak yang lebih pelik dari gw persoalannya. Man, gw pikir soal pelik, lebih pelik atau kurang pelit itu ga bakal ketauan tanpa menceburkan diri dalam situasi. Ini bukan fenomena sosial masyarakat. Ini kelompok terkecil dalam masyarakat. Keluarga namanya, satu unit yang sarat dengan pelibatan faktor emosi dan psikologis. Ga cuma faktor rasio dan pemahaman. Kebijakan bokap gw mungkin masuk akal bwt sebagian orang,tapi ada ga yang pernah mengkaji perkembangan emosi gw, kondisi psikis gw menghadapi tekanan2 mental itu..?? So, bwt Dana JF, gw juga ga tau solusinya apa. Thanx God, intensitas ributnya gw sama bokap sudah sangat jauh menurun, lately dayz. Kita berdua udah sama2 mikir kali yah...mencoba untuk saling mengerti jalan pikiran masing2 dan try hard untuk bisa mewujudkan tuntutan2 masing2 yang masih berada dalam batas toleransi kita berdua. Tapi menurut gw, kalo dari dulu gw ga pernah menunjukkan sikap tidak sepakat dalam beberapa kebijakan bokap, mgkn sampe sekarang gw akan jd patung, dan bokap gw semakin jumawa. Atau sebaliknya, gw selalu ngebantah dan bokap gw selalu nurut, mgkn skrg gw makin congkak dan bokap makin kehilangan wibawa. Yah, ini legitimasi pribadi terhadap sebuah proses. Gw ga sarankan lo untuk ikut mengulangi sejarah pemberontakan gw terhadap kekuasaan orang tua yang powerful, absolut dan legitimate. But at least, ada sikap yang harus lo tunjukkin. Gw seneng cerita lo yang kemarin, pada saat lo unjuk ketidaksepakatan lo soal "ngasih makan ompung". Itu sebuah sikap tegas gw pikir. Sebuah kerangka perilaku yang positif. Gw doain lo selalu akur dan rukun sama bapaktua dan inangtua itu. Horas, JBU.

'zygvriteenooz'

Anonymous said...

hi there, my...
well, kok gitu aja repot toh??
ngapain c pk ribut2 sgala ma bokap?ini uda taon 2007 loh...n u're already too old for that!grow up!
u could be so close to JC (which is so far away), then why can't u be like that to ur own father (which is so near to u)?
Just Love ur father as u love JC so much...
if u couldn't love him, don't u ever think that JC will be so angry to u? Coz that's also mean that u don't love JC purely...
Last words, can't u see me? I have no father in earth, so shouldn't u appreciate what JC has given to u...?
GBU...

Manusia Baru said...

hai semua..

tenkyu banget buat semua masukannya. Gue gak nyangka kalo ternyata ada orang yang lebih berat masalahnya dari yang gue sharein disini.
Untuk Am a.k.a Bertho, gue sangat iri banget dengan kondisi lo. Dimana lo bisa sangat akur dan terbuka ama bokap loh. Gue yakin itu karna kebaikan Tuhan. Am, gue juga yakin gada orang yang mau ga akur ama bokapnya, secara dia itu kan "Imam"/ Pemimpin yang musti kita hargai keberadaanya, tapi sayang gak semua keluarga semulus yang lo punya Am. Gue juga udah coba untuk terbuka ama Bokap dan itu gue coba gak cuma sekali tapi sekian lama gue serumah ama dia. Memang kondisi kita gak selamanya buruk, pernah sekali waktu gue ngerasa deket banget ama Bokap, dimana dia prnah ajak Gue masuk Monas untuk sekedar jalan doang ama gue dan itu pertama kalinya gue ke mOnas, pastinya gue seneng banget. Tapi hal itu gak berlangsung secara rutin alias cuman sekali doang. Padahal umur gue saat itu sangat membutuhkan figur bapak dan teladan yang teramat sangat. Kalo lo pernah nonton Film (kalo gak salah ini Film diputer pas Natal) dimana Arnold. S jadi kebanggaan anaknya karena berhasil ngasih Mainan kesukaaan anaknya yang didapetnya dengan susah payah dan saat itu semua usahanya terbayarkan dimana anaknya sangat bangga kalo dia tahu ayahnya lah yang saat itu terjebak dalam kostum tokoh mainan yang sangat digilai-nya.
Emang itu cuman dalam film, tapi menurut gue itu film punya pesen moral yang bagus banget dimana Figur Ayah itu sangat penting banget bagi perkembangan anak.
Yah, gue terima semua masukan yang lo kasih, semoga gue bisa melakukan dan diberi kesabaran untuk bisa terus melakukan hal itu. Amin.

Untuk zygvriteenooz' a.k.a BTn, gue sangat malu banget saat baca tulisan lo bang, karena ternyata ada yang lebih berat banget problem yang dialami dari yang gue hadapi dan dari sini gue belajar untuk bisa mengucap syukur karna apa yang saat ini gue alamin gak seberat yang lo alamin bang.
Gue juga gak terlalu paham dengan msalah yang ada dalam Rumah tangga, karena saat ini gue juga belum prnah punya pengalaman bekeluarga, tapi dari apa yang gue baca tadi itu gue termasuk salah satu orang yang setuju dengan pendapat yang berkata "kalo rencanyaNya ga pernah buruk, selalu indah". Tapi yang jadi masalah adalah dimana kita mau gak terus ngikutin rencanaNya Dia, meskipun terasa gak enak, pahit, kejam atau apalah bahasa yang paling buruk yang pernah ada, karena setahu gue Dia gak pernah maksa anakNya untuk ngikutin apa yang udah jadi rencanaNya Dia, meskipun Dia punya Hak mutlak untuk lakuin itu, tapi Dia gak lakuin karena Tuhan udah kasih Freewill untuk setiap manusia. Emang aneh banget ikut Tuhan itu dan terkadang sangat gak masuk akal tapi itulah Dia, karena toh Dia juga gak pernah maksa kita manusia untuk ikut dan percaya sama Dia. Semua pilihan ada ditangan Kita, dimana ketika kita uda percaya ama Dia dan serahin hidup kita ama Dia, sudah sepatutnya kita percayain semuanya..SEMUANYA..sama Dia yang tahu segalanya, mulai dari awalnya sampai pada akhirnya. Mungkin ini yang dimaksud kalo beda masalah itu pasti beda penyebab, beda jalan keluarnya dan beda juga hikmahnya.

Untuk someone yang gue gak tahu siapa, gue mau bilang thanks banget atas masukannya..
Iya, gue sadarin kalo bokap gue masih dikasih hidup itu bukan untuk kita jadi banyak waktu untuk berantem dan berselisih tapi dimana kita belajar untuk mengulangi waktu yang udah kelewat dulu dimana gue tidak mendapatkan figur ayah semasa pertumbuhan gue.
Lucky me, masih ada kesempatan itu yaitu masih bisa berbakti sama bokap gue yang "kelihatan"..
thanks banget untuk tegurannya itu sangat membangun sekali.

"Emang hidup kita bakalan aneh banget kalo kita ikut Yesus dan harus terima dengan apa yang Dia kasih lewat hidup kita"

Lov U Guys