Thursday, August 23, 2007

MEnanti retret!

heiho..

MEnanti retret!

Yes, gue sangat menanti banget event itu. karna bisa dibilang ini adalah event besar HUGe. Bisa dibilang juga dalam event ini semua kekuatan dan pikiran yang ada banyak tersedot. Selama gue berguru di Univ.Sahid kira-kira udah sekitar 2 retret udah gue ikutin. Dari ke-2 acara itu gue punya kesan beda-beda. Bentuk kegiatannya memang ngga jauh beda dan lokasinya juga ngga berubah dari tahun ke tahun, yaitu di puncak.

Tapi menurut gue yang paling berkesan banget itu pas retretnya mas Yoga. Bisa dibilang ini event tergokil yang pernah gue geluti. Kenapa gokil? boleh percaya atau ngga, persiapan untuk retret ini bisa dibilang yang paling lama, hampir 1 tahun...macannn!

menurut itungan EO, yaitu bidang yang gue tekuni sekarang, semakin lama event dipersiapkan maka hasilnya juga akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan waktu yang relatif singkat. Bukan hanya itu aja, dalam agenda Rohkris setiap event itu biasanya dikasih waktu untuk persiapan hanya dalam tempo waktu 2-3bln. Itu udah paling maksimal banget, malah terkadang cuman 1 bulan aja. Dahsyat!

Kalo bicara tentang hasil akhir sebuah acara menurut gue itu relatif banget, setiap orang pasti punya penilaian yang berbeda-beda. Gue menghargai semua pendapat yang ada. Disini gue hanya mengutarakan yang gue mengerti dan gue pahami yaitu dimana keberhasilan sebuah event itu baik yang skala kecil ataupun besar dilihat dari sampai atau tidaknya GOAL yang udah ditetapkan ama sang Ketua. Lalu Goalnya itu di break lagi, apa itu memuliakan Dia atau memuliakan Manusia? karena setiap event yang ada itu pada dasarnya punya goal yang baik.Karna kalao bicara jujur antara para mantan ketua event, pasti ada diantara mereka yang merasa bahwa goal yang mereka tetapkan itu tidak tercapai sebagaimana mestinya, kalaupun ada hubungannya itu gak terlalu mendalam,hanya permukaan bukan intinya. Intinya yang gue maksud adalah Pertobatan dan Pemulihan.

Yah, itu merupakan 2 hal yang harus benar-benar dimengerti betul oleh siapaun dia yang nantinya akan menduduki posisi sebagai pemimpin (ketua). Pernah inget gak kalo setiap jam doa kita selalu mengumandangkan doa kaya gini nih : "...Biar setiap mereka yang datang tidak sama ketika mereka pulang". Ni doa mang udah jadi satu permintaan khusus yang selalu diikrarkan ketika jam doa berlangsung.

Setuju banget kalo doa itu terus dinyatakan, tapi gue cuman mau bilang, HEY!! ngga cuman berhenti disitu aja tugas kita. Itu cuman permulaan aja. ibarat Tuhan udah buka koncinya, dan kita lah yang masuk dan meneruskan perjalanan berikutnya. Makanya ada istilah "hati-hati dengan permintaan (doa) mu", karena kalo Tuhan udah kasih apa yang kita minta (doakan) maka ngga bisa kita ongkang-ongkang kaki lagi, tapi kita harus singsingkan lengan baju dan gulung celanamu, karena kita akan menyebur lebih dalam lagi dan itu berarti kita harus siap terima resiko yaitu basah dan mungkin juga kotor.

Mau? yah, belum tentu semua mau ambil bagian ini.
Mampu? ngga ada yang mampu!

Lalu?
Intinya adanya kemauan dari kitanya, karena itu merupakan dasarnya.
Karna Tuhan ngga akan mau buat sesuatu kalo kitanya juga ngga ada kemauan untuk dipakai sama Dia. Berikutnya adalah berjalan kearah kemampuan. Kemampuan itu datengnya darimana? Ada 2 sumber. Kalau itu dateng karna bukan karena usaha kita tapi atas pemberian Tuhan hal ini disebut Talenta.Ada catatan penting dimana talenta itu juga harus dikembangkan karena itu adalah pemberian, sewajarnya kita dipercayakan untuk memperoleh sesuatu sudah tentu kita akan menjaga dan mengembangkan atas yang dipercayakan oleh kita. Sumber ke-2 yaitu atas usaha kita, yaitu dimana kemampuan itu diraih atas ketekunan dan keseriusan yang intens. Jelas ada perbedaan yang signifikan dari kedua sumber tersebut.

UKM membutuhkan orang-orang yang memiliki kemauan untuk dipakai lebih lagi dan lebih lagi. Ngga ada istilah ngga mampu dan ngga bisa, karena setiap kita itu adalah unik dan memiliki kelebihan dan kekurangan. So, thats way kita harus saling melengkapi satu dengan yang lain.

Bicara retret sudah barang tentu kita bicara pemimpinnya. Sampai detik ini yang pasti itu adalah ANta. Why anta? gue juga ngga ngerti, yang jelas memang dia secara pengalaman sudah pantes untuk megang tanggung jawab yang lebih besar lagi. Udah banyak pengalaman yang dia dapet dan udah banyak juga proses yang dia lewatin. Dahsyat! Kecil secara fisik tapi besar secara pemikiran dan pengalaman. Proses yang dia lewatin belum selesai malah semakin dalam dan keras. Dia harus mempersiapkan dirinya menghadapi Goliat yang baru.Persiapan yang menyeluruh. Untuk Tim/panitia yang akan dia bentuk gue hanya berharap mereka mengerti akan karakter dari ketuanya. INi penting banget karena hal jika hal itu tidak tanggapi secara serius dapat menyebabkan konflik horizontal yang tidak bisa dilihat sebagai proses pembentukan karakter melainkan penghancuran kesatuan.

Pendewasaan secara rohani akan terus terjadi dalam diri anta dan akan menulari pantia yang lainnya. Siap atau tidak akhir tahun ini retret akan berlangsung, 3 bulan kita akan bersama dan akan terlihat siapa diri kita sebenarnya, 3 hari bersama akan menjadi momen indah sepanjang masa.

Cayo Panitia RETRET'07!!
Cayo ANta!!!!!! Tuhan besertamu.

-Jf-

No comments: